Wednesday, June 03, 2009

Kenapa mahal selalu jadi takaran kualitas ??

Bener ga sih? Selama ini kita selalu dibutakan dengan kata-kata "mahal". Dan setelah mendengar kata itu, pikiran kita langsung tertuju pada kualitas yang bagus.

Kaya yg gw alamin 2 tahun yg lalu, saat gw bingung milih kampus mana yg bakal gw pilih utk jadi media penghantar gw menuju masa depan (jiaaahh...bahasanyaa!!)
Opsi gw waktu itu adalah LSPR atau Interstudi. Dan pilihan gw akhirnya tertuju pada LSPR a.k.a The London School of Public Relation. Mungkin kl lo jd gw jg pasti milih pilihan yang sama. Iya ga sih??

Secara LSPR gitu.. Denger gosip kl bayarannya pake poundsterling aja pikiran kita langsung lari-lari kemana-mana.

Ya sudahlah. Akhirnya gw ngikutin jg masukan dari si Pacar. And I told my dad.
Dan dengan rada empot2an jg, bokap setuju. And here I am!!

Setelah 2 tahun gw jalanin kehidupan gw di LSPR, kata2 kualitas yg tadinya ada di kepala gw perlahan-lahan memudar. Bahkan sekarang udah ilang blaaasss!!! Mau bertanya-tanya dalam hati, males juga mikirnya. Mending gw mikir gimana caranya biar cepet lulus. Hahaha...
Dan akreditasi A jg kayaknya udh ga cocok lagi disandang kampus yg begitu eksis nya di dunia hiburan ini. Ada banyak alasan kenapa gw bisa bilang begitu.

Berikut daftar alasannya :

1. Seringkali terjadi pergantian kurikulum tanpa alasan yg jelas.

2. Seringkali terjadi perubahan nama mata kuliah, padahal materi yang diajarkan plekk sama!! Kasian bgt yg masuk kelas ekstension. Padahal mereka udh ngambil mata kuliah dengan nama pertama, tp krn ada nama baru akhirnya mereka diHARUSkan ngambil mata kuliah dengan nama baru itu. Wasting time, money and energy.

3. Argonya pake argo Cheetah!! Lebih parah dari argo kuda. Baru pertengahan semester 3 udah dimintain bayaran untuk semester 5. Dengan iming-iming diskon. Ahahaa....

4. Jadwal kuliah = jadwal sekolah. Kalo LSPRN 1 masuk pagi. Dari jam 8 s/d 1/2 12 (kalo salah, tolong dibenerin) Terus LSPRN 2 masuk siang masuk dari jam 13.00 s/d 16.30. Dan yang terakhir LSPRN 3. Masuk jam 17.30 s/d 21.00. Dan itu rutin sampe hari Jum'at (kalo masih semester awal)
Nb : LSPRN = LSPR Negeri

5. Absennya dipanggil nama satu-satu. Mamad Suprapto! Hadir! Cecep Handoko! Hadir!

6. Kalo gak masuk harus pake surat dokter, surat ijin dari kantor & tanda tangan penanggung jawab plus materai 6000

7. Untuk beli 1 buah Study Guide harus pergi ke bank dan transfer uang senilai Rp 15.000

8. Study Guide yg seharga 15 ribu itu isinya 0 a.k.a NOL BESAR!!!

9. Secara ga langsung ternyata kita dipaksa untuk ikut ujian Internasional padahal ga sesuai sama jurusan kita. Seperti yang gw dan teman-teman alami. Kita jurusan MassComm tapi juga harus ikutan ujian Internasional a.k.a LCCI Marketing!! Nah lo!! Alhasil ya banyak banget yang ga lulus lah!!!!! Dan itu WASTING SO MUCH MONEY

10. Udah bayar mahal buanget!! Ternyata Kartu Rencana Studi (KRS) dan kartu ujiannya cuma selembar kertas tipis!! Tapi kalo surat utk orang tua pake kertas yang rada mahalan dikit!! Hadoooh....manipulasi banget sih!!

11. Udah bayar mahalll banget komputer di kelas-kelas dan di Lab Komp banyak yang rusak. Kaya gak keurus!!

12. Yang namanya KOPERASI itu seharusnya CHEAPER than another Business Center. Ini enggak!! 2x lipatnya!! Udah gitu banyak yang ga guna!!! Komputernya ga bisa ngebaca USB lah, Printernya rusak lah, ga bisa nge print warna lah, mesin foto kopi rusak lah!!! Cape deh!!!!!!

13. Mempekerjakan beberapa dosen yang bukan ahli dibidangnya. Hanya sekedar seorang praktisi. For example Mrs. Denpasar Moon

14. Punya guru BP. Hahaha... Sama kan kaya di sekolah?! Cuma beda nama doang. Disini namanya Student Counsellor.

15. Karyawan di akademik dan Student Counsellor di hampir semua kampus (A, B dan C) tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. (Padahal ini kan STIKOM ya?? Sekolah Tinggi Ilmu KOMunikasi) aneh!!!

Hhh.... Dan masih ada beberapa alasan lainnya yang masih terlupakan oleh gw.
Jadi apa sekarang kita masih bisa mengidentikkan kata-kata MAHAL dengan KUALITAS A?? It's all up to you lah guys. Tapi buat gw ABSOLUTELY BIG NO!!!!!!!

3 comments:

  1. Permisi kak..hehe..
    Sya baru saja membaca posting ttg LSPR ini,,wah jadi mikir2 lagi nih..padahal ada minat jg kayaknya masuk sana,, karena mank suka komunikasi.
    sekarang c sya msh kls 2 SMA tapi lagi iseng2 cari tujuan kuliah..hehe..
    Emang bener, mahal ga selamanya bagus..100% setuju..tp kira2 pasti ada keunggulan2 lain dri LSPR.. kira2 apa ya kak?..makasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg kakak kukiah dmn? Dan ambil bagian apa? Saya baru kelas 2 Sma hehe beda 9 thn chatkita

      Delete
  2. Setuju. Even program PGP nya juga seperti itu. Cancellation kelas udah se-rutin jadwal makan sehari2 :((( Dosen2 juga bbrp cenderung subjektif

    ReplyDelete